Implementasi Sport Game di Processing : Solo Tennis

Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer, peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional.
Processing bebas untuk didownload dan tersedia untuk GNU/Linux, Mac OS X, dan Windows. 
Processing adalah suatu projek terbuka yang diinisiasi oleh Ben Fry dan Casey Reas. Berkembang dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di MIT Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah kecil tim sukarelawan.
Processing mengaitkan konsep software pada prinsip-prinsip bentuk rupa, gerak, dan interaksi. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.

Lingkungan Pemrograman

Lingkungan Pemrograman Processing terdiri dari teks editor terintegrasi dan jendela tampilan untuk menampilkan program. Jika tombol “run” ditekan, program akan mengkompilasi dan berjalan di jendela grafis (jendela tampilan). Dari jendela lingkugan utama, bisa menjalankan, menghentikan, menyimpan, membuka, dan mengeksport file.
ide

 

 

Sistem Koordinat

Processing menggunakan sistem koordinat kartesian dengan titik asal terletak di sudut kiri-atas. Bila program berukuran lebar 320 piksel dan lebar 240 piksel, maka koordinat [0, 0] terletak di kiri-atas dan koordinat [320, 240] terletak di kanan bawah.
coordinates 

 

Squash Tennis

Squash tennis adalah sebuah permainan tennis yang dimainkan dengan bantuan dinding. Untuk game yang saya gunakan, karena game ini sangat sederhana, dan terinspirasi dari squash , serta dimainkan oleh satu pemain saja, maka saya beri nama "solo tennis".
Beberapa aturan main yang saya terapkan
  •  sejak permainan dimulai, pemain akan mendapatkan nyawa 3, sedangkan bonus dan skor adalah 0
  •  tiap kali pemain berhasil memantulkan bola, maka skor bertambah dan bonus pun bertambah
  • ketika pemain gagal memantulkan bola, bonus akan hilang dan dihitung ulang dari 0, sedangkan skor tetap berjalan. 
  • ketika bonus pemain mencapai 20, maka pemain akan mendapatkan tambahan nyawa sebanyak 1.
Berikut contoh output yang ditampilkan dari game tersebut..



Kondisi kalah nya adalah ketika bola tidak dapat dipantulkan dan nyawa yang telah dimiliki telah habis.



Sedangkan kondisi menangnya adalah jika pemain dapat memantulkan bola, hingga nyawa pemain mencapai 5.

 

No comments:

Post a Comment