Artikel Penulisan Ilmiah : "Pembuatan Augmented Reality lembaga PAUD"

Semester 6 bagi para mahasiswa jurusan Teknik Informatika gunadarma adalah semester yang membuat dag-dig-dug. Pasalnya, di semester ini kami (para mahasiswa) mendapatkan mata kuliah khusus 2 sks yang bernama Penulisan Ilmiah. Buat saya, penulisan ilmiah itu adalah sebuah batu loncatan tentang bagaimana menjadi seorang peneliti. Maka dari itu, ada baiknya jika pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai penulisan ilmiah yang sedang saya lakukan di semester 6 ini.
Menurut saya, zaman sekarang ini adalah zamannya teknologi sedang berkembang sangat sangat pesat. Hal ini didukung dari efek globalisasi yang kian lama kian mewabah hingga ke pelosok desa. Yang bisa dipertanyakan adalah, kenapa kita tidak memanfaatkan teknologi informasi untuk menambah media informasi ? Nah, dari situ munculah ide - ide berdatangan yang pada akhirnya saya putuskan bahwa saya akan memasarkan sesuatu.
Oke, setelah sampai pada masalah memasarkan, pertanyaan selanjutnya adalah, APA yang dipasarkan ? pertanyaan ini agak - agak sulit buat dijawab, karena jujur aja, ini kan pengalaman pertama saya bikin penulisan ilmiah yang bener - bener formal. Well, pada akhirnya, setelah melalui perjalanan panjang tanya sana - sini, akhirnya jawaban nya ada pada pendidikan. Kebetulan, ibu saya adalah seorang guru PAUD (singkatan dari : Pendidikan Anak Usia Dini). Nah, dari situ saya dapet sebuah ide untuk bikin media pemasaran buat lembaga PAUD tempat ibu saya bekerja. PAUD itu bertempat tidak jauh dari rumah saya. Yah, jaraknya kaya dari kampus G ke kampus E Universitas Gunadarma. Nah pertanyaan selanjutnya adalah, teknologinya gimana ? Untuk menjawab pertanyaan itu, saya terinspirasi dari temen - temen ayng bergelut di bidang design. Awalnya sih, saya pengen bikin model 3D dari bangunan tersebut. Namun perkembangan terknologi ternyata lebih cepat dari yang saya duga. Sejak tahun 2010 silam, para pengembang - pengembang teknologi grafis komputer ternyata udah nemuin yang namanya Augmented Reality atau yang lebih dikenal sebagai AR. Maka, saya pun akhirnya memilih tema, pemasaran lembaga pendidikan PAUD menggunakan Augmented Reality.

Mari bicara sedikiti tentang AR...
Apa sih AR itu, Augmented Reality berarti realitas tertambah. nah udh jelas kan kenapa gambar disamping punya tanda + ?
Oke, penjelasan sederhana nya kaya gini, AR itu adalah sebuah teknologi dimana sebuah benda tidak nyata (virtual object) ditambahkan ke dalam dunia nyata (reality).




Nih buat lebih jelasnya mungkin kaya gini :






Nah gambar diatas nunjukin tuh , gimana contoh AR. Dari gambar diatas, objek virtual nya adalah mobil. jadi si mobil itu bisa muncul ke dunia nyata. Nah, AR itu, proses penerapan nya memakai bantuan webcam dan marker. Marker itu ya bahasa indonesia nya penanda. Kalo gambar diatas, yang namanya marker tuh kertas yang dipegang orang itu. Zaman sekarang cukup banyak sih software - software yang nyediain tools buat bikin AR, tapi dalam penulisan ilmiah kali ini, saya memakai OpenSpace3D sebagai AR tool nya, dan Blender sebagai modelling software nya.

OpenSpace3D

Kenapa OpenSpace3D ? Menurut saya, ini tool yang powerful, namun free. Ya, dengan OpenSpace ini, objek virtual yang dibikin bisa keluar walau dengan pencahayaan yang minim, dan ketika tuh kertas digoyangin, atau kertas nya agak lecek, objek nya masih bisa keluar.



Blender
Kenapa blender ? Jelas jawaban nya sama dengan yang diatas. powerful, dan free. blender menurut saya satu - satunya 3dmodelling tool yang ga kalah dibanding 3DSMax.
Nah, kira - kira gitu aja penjelasan tentang penulisan ilmiah saya. Doakan ya biar nanti lulus sidangnya. Terimakasih sudah membaca :) 

Pustaka gambar : 
wikipedia.org
scribbledigital.com
blender.org

No comments:

Post a Comment