Profile Okusi Associates


Okusi Associates

Latar belakang
Okusi Associates adalah sebuah firma yang bergerak di bidang jasa manajemen, IT dan penelitian yang berpusat di Jakarta. Okusi Associates berdiri sejak tahun 1997, mulai di Yogyakarta. Pada tahun 2001 Okusi pindah ke Jakarta.  Pada tahun 2006 cabang Bali didirikan, diikuti dengan cabang Batam pada tahun 2008. Firma Okusi Associates terdiri atas beberapa bagian dan perusahaan, sesuai dengan fungsi dan jasa yang disediakan. PT. Okusi Jaya sekarang adalah perusahaan utama grup Okusi Associates, yang didirikan pada Desember 2004. Perusahaan lain yang merupakan bagian dari Okusi Associates adalah PT. Dharma Okusi, PT. Arctic Desert dan PT. Batam Advertiser. Okusi sekarang mempekerjakan lebih dari 50 karyawan tingkat profesional, dengan omset sekitar Rp11 miliar setahun.

Okusi menyedia jasa di bidang-bidang berikut:
·         Jasa Perizinan dan Legal
Saat ini rata-rata Okusi mendirikan 10 perusahaan setiap bulan, sebagian besarnya PMA. Perizinan dan perubahan struktur perusahaan juga diurus. Ada 23 karyawan di bagian legal ini, termasuk seorang notaris. Sejak tahun 1997 Okusi sudah mendirikan lebih dari 1000 perusahaan bermodal besar.

·         Jasa Akuntansi dan Pajak
Okusi menyediakan jasa pendukung bisnis yang lengkap, termasuk akuntansi dan laporan pajak untuk perusahaan. Pada saat ini Okusi melakukan akuntansi dan laporan pajak untuk lebih dari 250 klien perusahaan bersamaan.  Ada 12 karyawan akuntan yang bekerja untuk Okusi.

·         Jasa Penelitian, Due Diligence dan Survei Opini
Okusi melakukan penelitian dalam segara bentuk. Okusi sering dipergunakan oleh perusahaan peneliti terkemuka dunia seperti McKinsey untuk pencarian data di lapangan Indonesia.  Jasa Due Diligence (pengecekan status legal dan finansial suatu perusahaan) juga sering dilakukan Okusi.  Penelitian survei kuantitatif juga merupakan hal yang Okusi lakukan untuk klien. Ada tiga karyawan senior full-time di bagian penelitian, yang ditambah sewaktu-waktu sampai puluhan orang sebagaimana diperlukan untuk melakukan survei atau penelitian di lapangan di seluruh Indonesia.


·         Jasa IT - Support
Okusi Computer Support adalah penyedia pendukung server berbasis Linux (okusicomputersupport.com). Okusi merupakan pemilik dan pengelola Forum Ubuntu-Indonesia (ubuntu-indonesia.com) dan juga penyedia jasa seminar Ubuntu.  Bagian ini baru tiga tahun beroperasi, dengan tiga karyawan teknisi full-time yang ditambah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.  Expansi agresif sedang dipersiapkan untuk divisi ini untuk dua tahun ke depan. Dalam hal informasi teknologi, Okusi memiliki pengalaman yang sangat baik termasuk dalam hal pendaftaran domain, karena melihat dari latar belakang atau bisnis utama dari Okusi sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Konsultan Bisnis dan Management yang memiliki tiga bagian : Jasa Legal Perusahaan, Jasa Akuntansi dan Pajak, Penelitian. Departemen Jasa Legal Perusahaan merupakan jasa untuk menangani pendirian perusahaan (PT & PMA), Perizinan Perusahaan, Pendaftaran Merek. Bagian Jasa Akuntansi dan Pajak adalah jasa untuk laporan pajak dan akuntansi. Bagian Penelitian adalah khusus menangani penelitian komersial dan pengecekan latar belakang perusahaan atau Due Diligence perusahaan. Okusi memiliki hubungan baik dengan pemerintahan Indonesia dan karyawan Okusi memiliki pengalaman dalam hal birokrasi baik dari semua level sektor.






Ringkasan kegiatan – kegiatan Okusi

Jasa Legal & Perusahaan
Perkiraan saat ini adalah 38% dari omset atau sekitar IDR 4,7 miliar per tahun
• PMA (FDI) Pendirian Perusahaan
• Pendirian Perusahaan Perdagangan
• Jasa Domisili Perusahaan
• Terjemahan Dokumen-dokumen Legal
• Pendaftaran Merek dagang dan Desain
• Aneka Lisensi Perusahaan Lebih dari 1000 perusahaan yang dibentuk sejak tahun 1997, sebagian besar PMA.

Jasa Akuntansi & Pajak
Perkiraan saat ini  25%  dari omset atau  Rp 3,2 miliar per tahun.
• Akuntansi Perusahaan, Faktur Pajak
• Penggajian dan Pelaporan Pajak Orang Pribadi
• Pihak ketiga Penggajian dan Manajemen Tenaga Kerja
• Penghubung ke Perbankan dan Bantuan
Untuk jasa akuntansi lebih dari 200 perusahaan menghandalkan Okusi setiap bulan.

Jasa IT Support
Perkiraan saat ini 8% dari omset atau Rp 0,75 miliar per tahun
• Spesialis OS Linux Ubuntu
• Hardware setup, Instalasi & konfigurasi
• Migrasi Windows ke Ubuntu Linux
• Manajemen dan pengawasan sistem server/workstation
• Seminar Linux Ubuntu dan Workshop (termasuk lewat Kominfo).


Jasa Penelitian, Due Diligence & Survei
Perkiraan saat ini 29% dari omset atau Rp 2,3 miliar per tahun.
• Cek Latar Belakang Perusahaan  dan Profil Perusahaan
• Pencarian Mitra Usaha dan Daftar Kontak
• Penelitian Kebijakan dan  Peraturan
• Penelitian Investigasi
• Survei Pasar/Opini
• Seminar


Daftar Klien
Berikut ini adalah beberapa daftar perusahaan yang telah didirikan oleh Okusi Associates sejak tahun 1997, untuk data jumlah klien Okusi selengkapnya bisa di klik di http://okusiassociates.com/DaftarKlien.html

PT. AKG Indonesia PT. AMI Software PT. AVA Mining PT. Abode PT. Accent Jaya PT. Aramex International PT. Axon Instruments PT. Bakri Cono PT. Beckwith PT. Bestworld PT. Bina Nusantara Karya PT. BlueOak PT. COGO PT. Cebes PT. Contour Health PT. Crescendo PT. Dinamik Mobile PT. Dutamas Resources PT. Elabram Systems PT. Emas Putih PT. Enche PT. Environeer PT. Euro Moda PT. Fiesch PT. Fircroft PT. Force-Nine International PT. GUC PT. Global Dinamik PT. Global Solutions PT. Golden Barong PT. Gulatis PT. Holeksi Eksotik PT. InSearch PT. Indo Dinamik PT. Indo-Agri Products PT. Indotradeste PT. Insignia PT. Intecs PT. Intellitrac PT. Istana Kecil PT. Ivolv PT. Kalhonaaho PT. MMA Biotechnology Makmur PT. Marine Design and Concepts PT. Marine Investment Group PT. MasterCraft Furniture PT. Metalindo Nusajaya PT. Mitra Maruta PT. Niaga Merapi PT. Nikimbikimbee
PT. NoLemon PT. Nolemon Nusantara PT. Oasis Properties PT. Olyndo PT. OudLine PT. PBG PT. Pacific Realm PT. Palarie PT. Palm Hijau Lestari PT. Papua Minex PT. Patrick Mirandah Consulting Indonesia PT. Pertambangan Kepulauan Nusantara PT. Petrokem PT. Properti Tanah Suci PT. Pure Link Enterprizes PT. RIA PT. Renato PT. Renoir Consultancy Services PT. Rhoerer PT. Rida Energy PT. STAR PT. Samart iMobile PT. Sassy International PT. Satelinx PT. Sega Energy Systems PT. Shaan PT. Shipcon Indonesia Bahari PT. Softkey PT. Sparkle PT. Star Flower Media PT. Sulastri Jaya PT. Surya Biru PT. Sustainability PT. TACSI PT. Tani Alami Lestari Indonesia PT. TASI PT. TV Mart Worldwide PT. Tanah Investasi Keturunan PT. Technet PT. Trams Kmunications PT. Trisula CBM Energi PT. UDG Asia PT. UMS Indonesia PT. Vanguard Interiors Indonesia PT. Via Motif PT. WEC PT. Walaka PT. Xtraordinary Imports Indonesia PT. Ziese Bit and Equipment.

Sumber daya
Okusi memiliki empat kantor; dua di Jakarta, dan satu di Bali, dan Batam. Semua dilengkapi dengan teknologi komunikasi yang diperlukan dan peralatan kantor yang sangat baik.

·         Kantor Jakarta
Menara Cakrawala, 12th floor Jalan M.H. Thamrin No. 9 Jakarta Pusat 10340. Tel (021) 390 1007 (3 lines) Fax (021) 3190 251.

·         Kantor Bali
Istana Kuta Galeria Blok Techno No. 2 Jl. Patih Jelantik Kuta Badung Bali Tel: +62-361-769 144 Fax: +62-361-769 14

·         Kantor Batam
Ruko Citra Super Mall Blok B No. 10, Batu Ampar Batam Tel (0778) 7415011 Fax (0778) 7415087

No comments:

Post a Comment