KOMPUTASI MODERN











JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

UNIVERSITAS GUNADARMA


Abstraksi

Masalah dan kinerja merupakan sebuah unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan dan zaman. Perkembangan zaman hingga masa sekarang diiringi dengan masalah yang semakin kompleks juga. Untuk membantu memecahkan masalah yang kompleks dibutuhkan tenaga bantu, salah satunya adalah perangkat komputasi yang modern. Dalam penerapannya, perangkat komputasi diiringi dengan sistem kerja baru yang lebih modern yang dapat membantu permasalahan manusia, diantaranya komputasi awan dan jaringan syaraf tiruan.

Pendahuluan

Teknologi komputasi pada masa sekarang ini berkembang dengan sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai teknologi - teknologi modern yang ada untuk membantu manusia dalam pekerjaan sehari - hari. Untuk dapat membantu manusia lebih efektif dan efisien, maka teknologi tersebut harus dapat berpikir dan bertindak seperti hal nya manusia sehingga dapat membantu atau bahkan menggantikan pekerjaan manusia.

Masalah - masalah yang dihadapi manusia semakin rumit dan butuh pemecahan tertentu, sehingga muncul sebuah sistem untuk mengimbangi masalah tersebut, yaitu komputasi modern. Komputasi modern adalah sebuah sistem yang dapat membantu menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer.

Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya :
1.      Studi pustaka untuk mencari teori teori dasar yang berhubungan dengan komputasi modern
2.      Observasi terhadap salah satu bentuk komputasi modern
3.      Analisa dan dokumentasi dari teori – teori yang ada pada studi pustaka

Pembahasan

Komputasi modern berasal dari dua buah kata, yaitu komputasi, dan modern. Komputasi memiliki arti sebuah tahapan, atau cara dalam menemukan pemecahan masalah dari data input, sedangkan modern memiliki arti mengikuti perkembangan zaman. Komputasi modern dapat disimpulkan sebagai suatu tahapan dalam memecahkan masalah terkini dengan menggunakan algoritma tertentu serta menggunakan perangkat komputasi termutakhir. Diantara sekian banyak nya komputasi modern, terdapat dua buah topik yang penting dalam perkembangan komputasi pada masa sekarang ini, yaitu Komputasi awan (Cloud Computing) dan Jaringan Syaraf Tiruan (Artificial Neural Network).


Komputasi awan

Komputasi awan adalah sebuah sistem yang merupakan gabungan dari pemanfaatan teknologi komputasi, berbasis internet. Dalam sistem komputasi awan terdapat seluruh komponen dari mulai aplikasi, platform, hingga susunan infrastruktur yang kompleks yang disembunyikan. Hal ini ditujukan agar pengguna, hanya perlu mengakses dan mendapatkan layanan berbasis internet tanpa mengetahui konfigurasi atau segala sesuatu mengenai sistem tersebut.




Gambar 1. Gambaran Sistem Komputasi Awan

Dalam sistem komputasi awan, seorang pengguna tidak perlu melakukan seluruh rangkaian komputasi yang ada, melainkan pengguna hanya cukup mengakses sebuah aplikasi yang ter-install pada sistem operasi, dan sisanya akan dilanjutkan melalui internet. Di dalam internet, komputer pengguna akan mengakses server yang sudah terkonfigurasi dan terintegrasi, sehingga server itulah yang bekerja dan melakukan prosesnya, sedangkan pengguna tinggal menunggu output yang telah di proses di dalam server.

Dalam proses komputasi awan, ada beberapa hal penting yang dapat mempengaruhi kinerja dari sistem, yaitu :
·         Koneksi jaringan
Pada sistem komputasi awan, seluruh akses dilakukan melalui koneksi antar perangkat, sehingga media komunikasi dalam mengakses data tersebut memiliki peranan penting.
·         Infrastruktur penyedia layanan
Dalam komputasi awan, setelah terdapat akses dari komputer pengguna kepada server, server akan melakukan proses untuk menyediakan permintaan yang diajukan oleh pengguna, ketika server tersebut tidak memiliki kemampuan yang memadai dalam memproses permintaan (storage tidak mencukupi, bandwidth yang kurang, kinerja proses yang lambat, backup yang buruk), maka hal ini menjadi masalah dalam melakukan feedback pada pengguna.

Contoh dari penggunaan cloud computing adalah DropBox, GoogleDrive, dan Windows Azure



Jaringan Syaraf Tiruan

Jaringan syaraf tiruan adalah sistem komputasi yang arsitektur dan operasinya diilhami dari pengetahuan tentang sel syaraf biologis di dalam otak. Jaringan syaraf tiruan merupakan salah satu representasi buatan dari otak manusia yang selalu mencoba menstimulasi proses pembelajaran pada otak manusia tersebut. Jaringan syaraf tiruan dapat digambarkan sebagai model matematis dan komputasi untuk fungsi aproksimasi non-linear, klasifikasi data cluster dan regresi non-parametrik atau sebuah simulasi dari koleksi model jaringan syaraf biologi.
Model jaringan syaraf ditunjukkan dengan kemampuannya dalam emulasi, analisis, prediksi dan asosiasi. Kemampuan yang dimiliki jaringan syaraf tiruan dapat digunakan untuk belajar dan menghasilkan aturan atau operasi dari beberapa contoh atau input yang dimasukkan dan membuat prediksi tentang kemungkinan output yang akan muncul atau menyimpan karakteristik input yang diberikan kepada jaringan syaraf tiruan.


Gambar 2. Mekanisme pemecahan masalah pada jaringan syaraf tiruan

Hecht-Nielsend (1988) mendefinisikan sistem saraf buatan sebagai suatu jaringan syaraf tiruan adalah suatu struktur pemroses informasi yang terdistribusi dan bekerja secara paralel, yang terdiri atas elemen pemroses (yang memiliki memori lokal dan beroperasi dengan informasi lokal) yang diinterkoneksi bersama dengan alur sinyal searah yang disebut koneksi. Setiap elemen pemroses memiliki koneksi keluaran tunggal yang bercabang (fan out) ke sejumlah koneksi kolateral yang diinginkan (setiap koneksi membawa sinyal yang sama dari keluaran elemen pemroses tersebut). Keluaran dari elemen pemroses tersebut dapat merupakan sebarang jenis persamaan matematis yang diinginkan. Seluruh proses yang berlangsung pada setiap elemen pemroses harus benar-benar dilakukan secara lokal, yaitu keluaran hanya bergantung pada nilai masukan pada saat itu yang diperoleh melalui koneksi dan nilai yang tersimpan dalam memori lokal.

Contoh dari penggunaan jaringan syaraf tiruan adalah Sistem Pakar, Computer Chess, dan berbagai implementasi dari algoritma komputer terkini.


Simpulan dan saran

Masalah yang ada pada masa sekarang masih dapat dipecahkan dengan bantuan komputasi awan dan jaringan syaraf tiruan yang di implementasikan terhadap perangkat komputasi yang terkini agar dapat mempercepat proses pemecahan masalah.

Daftar Pustaka

1.       Anonim. 29 Maret 2014. Komputasi Modern. http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/2013/03/komputasi-modern.html
2.    Nanang. 29 Maret 2014. Jaringan syaraf tiruan. http://jalanwaktu.wordpress.com/jaringan-syaraf-tiruan/
3.      Wikipedia Indonesia. 29 Maret 2014. Jaringan saraf tiruan. http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_saraf_tiruan/
4.      Wikipedia Indonesia. 29 Maret 2014. Komputasi awan. http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan /

No comments:

Post a Comment