Proposal Pembuatan E-learning Universitas Gunadarma Jurusan teknik Informatika ( PT. Maju Mundur )

Disusun Oleh :
a.      Fadly Sihora Silalahi ( 52410491 )
b.      Fajar Adrian ( 52410545 )
c.      Febry Rizky Wardani ( 52410705 )
d.     Frizki Sofyanti P ( 52410891 )
e.      Happy Indra Wijaya ( 53410345 )
f.       I Made Reza Divasa Putra ( 53410345 )
g.      Ismi Hartanti ( 53410666 )
h.      Johannes Praskogery Pamungkas ( 59410138 )
i.        Jonathan Yuwono ( 53410991 )
j.        Katri Prihanto ( 53410854 )
k.      Yulienda Trisna Sari ( 58410759 )



Profil Perusahaan
Nama Perusahaan                  : Maju Mundur
Status Perusahaan                  : Perseroan Terbatas, PT
Bidang Usaha                         : Pembuatan dan Pengembangan Sistem Aplikasi
Alamat Kantor                        : jl. Gandaria no.23, Jakarta Selatan
Referensi Proyek                     : Proyek Pengembangan Sistem Aplikasi Inventory Management
Manajemen Perusahaan           :
a.       Manajemen Perusahaan     : Fadly Sihora Silalahi
b.      Komisaris                          : Fajar Adrian
c.       Presiden Direktur               : Febry Rizky Wardani
d.      General manager                : Happy Indera Wijaya
e.       Staff IT                              : I Made Reza Divasa
f.       Staff IT                               : Ismi Hartanti












Latar Belakang
            Perkembangan Teknologi Informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan cepat. Sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigm masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapi juga sumber  - sumber informasi lainnya diantaranya adalah melalui internet
            Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan. Dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang bersi informasi – informasi pendidikan, yang memiliki unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai saran penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan, serta pendidik itu sendiri.
Universitas Gunadarma merupakan universitas yang menyelenggarakan kegiatan E-Learning di dalam lingkunagan pembelajarannya. E-learning merupakan bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan yang bersifat maya ( virtual) salah satu kegiatan E-Learning yang ada di Universitas Gunadarma yaitu V-Class. Hal ini merupakan Usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di lingkungan kampus ke dalam bentuk digital yang di jembatani oleh internet.
Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika secara menyeluruh belum sepenuhnya di terapkan sistem E-learning untuk semua mata kuliah dan hanya mata kuliah tertentu saja. Sehingga potensi softskill mahasiswa belum sepenuhnya dapat dikembangkan
            Bila kita menganalisa secara menyeluruh dari permaslahan tersebut, maka kami simpulkan suatu peluang dari pengembangan aplikasi E-learning Teknik Informatika Universitas Gunadarma guna meningkatkan softskill Mahasiswa, dimana aplikasi E-learning ini sebagai media untuk mengembangkan potensi yang terdapat pada setipa mahasiswa jurusan teknik Informatika. Diantarnya adalah menambah softskill mahasiswa, menghemat baiay secara keseluruhan ( infrastruktur, peralatan, buku ) menghemat waktu dan fleksibel dalam proses belajar mengajar, menjangkau wilayah Geografis yang lebih luas, melatih pembelajaran lebih mandir dalam mednapatkan ilmu pengetahuan di lingkungan kampus.





Ruang Lingkup Proyek Sistem
            Proyek Aplikasi e-learning ini yang akan dibangun memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut :
·         Proses analisis kebutuhan aplikasi e-learningn berbasis web.
·         Perancagan aplikasi.
·         Pembuatan program aplikasi
·         Implementasi rancangan dan program aplikasi
·         Pengujian aplikasi e-learning sampai dengan penerapan sistem informasi ini secara memuaskan
Manfaat pembuatan Aplikasi
Manfaat dari pembuatan aplikasi ini adalah sebagai berikut :
1.      Mempermudah mahasiswa untuk melakukan praktek, latihan, dan membaca materi mata kuliah secara online dari modul  - modul yang sudah disiapkan
2.      Meningkatkan pengembangan terhadapat potensi ( softskill ) yang terdapat did dalam diri mahasiswa
3.      Meningkatkan efektifitas pembelajaran.
4.      Menghemat biaya dan waktu
5.      Tidak terbatas pada jarak, karena menggunakan aplikasi e-learning berbasis web
6.      Mahasiswa bisa melihat hasil kerja yang telah dikerjakan
7.      Dosen bisa mengirim soal atau pesan ke mahasiswa tersebut.
Batasan masalah
            Aplikasi e-learning yang direncanakan mempunyai batasan – batasan yang mencakup dana, dan waktu. Berikut ini gambaran lengkap mengenai batasan masalah pada aplikasi e-learning ini :
1.      Dana
Besarnya dana yang disediakan untuk pembuatan aplikasi e-learning ini Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah).
2.      Waktu
Semua proyek aplikasi e-learning yang direncanakan harus selesai dan dioperasikan selambat- lambatnya 1 tahun dari sejak waktu pengusulan aplikasi ini

Kegiatan Pembuatan Aplikasi E-Learning Yang Akan Dilakukan
1.      Pendefinisian Lingkup Proyek
2.      Analisa Pemasalahan
3.      Analisa kebutuhan
4.      Desain
5.      Pengintegrasian sistem
6.      Penerapan sistem ke dalam perangkat lunak dan perangkat keras
7.      Testing sistem
8.      Maintenance dari sistem

Metodologi Pembuatan Aplikasi
            Aplikasi ini akan menggunakan metode pembuatan sistem yang berupa analisis dan desain terstrukutr, diantaranya :
1.      Flowchart atau Uml yang digunakan


2.      Bagan Terstruktur Database



3.      Logika  Pemograman
Dalam logika pemograman ini si admin akan membuat suatu hak akses suatu user yang dimana user itu terdiri dari user buat dosen dan juga user buat mahasiswa, jadi setiap user itu mempunyai hak masing masing dalam mengakses halaman tersebut.
Modul pembuatan
1.      Modul Materi
Dalam modul materi ini, dosen akan melakukan upload materi yang sesuai dengan mata kuiah tersebut

2.      Modul Kuis
Modul Kuis ini digunakan untuk mengetahui seberapa pemahaman mahasiswa dengan materi yang diberikan oleh dosen



3.      Modul Diskusi
Dalam modul diskusi ini, mahasiswa bisa berinteraksi dengan mahasiswa dengan user yang berbeda.


Ilustrasi Arsitektur Aplikasi

Setiap mahasiswa akan melakukan pembelajaran e-learning dirumah atau di publik area (warnet atau area hotspot) melalui ISP, karena kita membuat e-learning ini pada Universitas Gunadarma, maka kita tidak perlu lagi menggunakan ISP, melainkan menggunakan IP Public yang dimiliki oleh server Gunadarma. Dalam hal ini, IP Public tersebut terdapat pada penyedia layanan internet. Setiap mahasiswa tidak langsung terhubung dengan server utama, namun terlebih dulu terhubung dengan server kedua, dimana server kedua tempat untuk pengecekan data apa yang diminta oleh mahasiswa. Setelah selesai melakukan pengecekan data, maka diteruskan ke server utama, dimana server utama sebagai tempat untuk melakukan pemrosesan data. Hal ini akan lebih meningkatkan keamanan sistem dan data sebab user lain yang tidak bersangkutan atau tidak diinginkan tidak akan bisa mengganggu integritas data pada server utama.



Teknologi Yang Digunakan
  1. Server Operating System                    : Windows Server 2008 
  2.  Client Operating System                    : Windows 7 Enterprise 
  3.  Deployment Server                            : IIS 7 web server 
  4.  Programming Language                     : PHP, Ajax, Javascript
  5.  Database Engine                                : Mysql
Kebutuhan hardware
No
Hardware
Satuan
Harga Satuan (Rupiah)
Jumlah Harga (Rupiah)
1
Server HP Proliant ML330 G6 600911-371
2
19.762.500
39.525.000
2
Monitor DELL 18 inch IN1930 LED
2
1.020.000
2.040.000
3.
Keyboard LOGITECH K400 Wireless
2
350.000
700.000
4
Mouse LOGITECH M235
2
147.000
294.000
5
External Hardrive SEAGATE 3TB FREE AGENT
2
1.868.000
3.736.000
TOTAL BIAYA HARDWARE
46.295.000

Kebutahan Software
No
Software
Satuan
Harga Satuan (Rupiah)
Jumlah Harga (Rupiah)
1
Windows Server Enterprise 2008
2
34.719.000
69.438.000
2
Windows 7 Professional
2
1.178.000
2.356.000
3
IIS 7 Web Server
2
10.154.000
20.308.000
4
Kapersky Anti Virus For Windows Server Enterprise
2
2.928.000
5.856.000
TOTAL BIAYA SOFTWARE
141.874.000



Tenaga Pelakasana
Untuk membuat Aplikasi E-learning Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi ini, maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai berikut:

ü  Project Manager & System Analyst                : Jonathan Yuwono
ü  Database Engineer                                          : Yulienda Trisna sari
ü  Desain Engineer                                              : Katri Prihanto
ü  Software Engineer                                          : Johannes Praskogery
ü  Network Engineer                                           : Johannes Praskogery
ü  Technical Writer                                              : Frizki Sofyan P

Rancangan Biaya Pelaksanaan


Jadwal Pelaksanaan

Penilaian kelayakan Aplikasi E-Learning
            Untuk alternative yang diajukan akan dinilai kelayakannya berdasarkan kelayakan yang meliputi kelayakan teknik, operasi, jadwal, dan ekonomi :
  1.  Kelayakan Teknik
Item Penilaian
Solusi
Ketersediaan teknologi dipasaran
Mudah
Kemudahan pengoperasian
Mudah

Solusi yang diajukan secara teknik adalah secara teknik adalah layak.

  1. Kelayakan Operasi

Item Penilaian
Solusi
Kemampuan personil
Baik
Kemampuan sistem untuk melakukan prosedur
Baik
Kemampuan penyediaan informasi
Baik
Efisiensi dari sistem
Baik
Keamanan data
Baik

Secara operasi kemampuan sistem ini adalah baik. Efisiensi dari sistem ini baik karena pemrosesan data tidak dibebankan kepada sebuah server saja melainkan pengecekan data dilakukan oleh server yang lain. Dari sisi keamanan data adalah baik karena user tidak akan langsung berhubungan dengan server utama sehingga integritas dan kerahasiaan data menjadi terjamin.








  1. Kelayakan Jadwal

Item Penilaian
Kendala
Solusi
Waktu pembuatan aplikasi
1 tahun
7 bulan 15 hari
Probabilitas selesai
-
100%

Secara kelayakan jadwal, sistem ini telah memenuhi batasan waktu yang telah ditetapkan yaitu waktu maksimal pembuatan aplikasi adalah 1 tahun.

  1. Kelayakan Ekonomi

Item Penilaian
Kendala
Solusi
Dana yang dibutuhkan
Rp. 1.000.000.000,-
Rp. 261.199.000,-

Secara kelayakan ekonomi aplikasi ini telah memenuhi biaya yang ditetapkan yaitu tidak lebih dari Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah).

Penutup

Dengan mengucapkan segala puji kehadirat Than Yang Maha Esa, demikianlah proposal Pembuatan E-Learning Universitas Gunadarma Jurusan Teknik Informatika ( PT. Maju Mundur ). Pada akhirnya segala sesuatu yang telah direncanakan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa kerjasama dan kerja keras dari semua pihak. Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancer sesuai dengan rencana. Atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.















Lampiran

Spesifikasi Hardware

  1. Server

Type                            : HP Proliant ML330 G6 600911-371
Processor                     : Intel® Xeon® Processor E5620 (2.4 GHz)
Cache Memory            : 4MB ( 1 x 4MB) Level 3 cache Memory
Memory                       : 4GB (2 x 2 GB) PC3-10600R (DDR3-1333) Registered DIMMs
Network Controller     : Embedded NC326i PCI Express Dual Port Gigabit Server   Adapter
Storage Controller       : HP Smart Array B110i SATA RAID Controller (RAID 0/1/0+1)
Hard Drive                  : 8 Slot HDD
Optical Drive              : HP Half-Height SATA DVD-ROM Optical Drive Power
Supply                         : 460 Watt power supply (NHP, Non Redundant)
Fans                             : 3 fans ship standard
Form Factor                : Tower (5U)
Warranty                     : Server Warranty includes 3-Years Next Business Day Parts     replacement, 0- Years Labor, 0-Years Onsite support.
Price                            : Rp 19.762.500

  1. Monitor
Type                : DELL IN1930 LED
Screen Size      : 18
Price                : Rp. 1.020.00,-



  1. Keyboard
Type    : LOGITECH K400 Wireless
Price    : RP. 350.00,-

  1. Mouse
Type    : LOGITECH M235
Price    : Rp. 147.000,-

  1. External Hardrive
Type                : SEAGATE 3TB FREE AGENT
Class                : Hardrive External
Interface          : USB 2.0
Price                : Rp. 1868.000,-

Referensi :


  1. http://www.slideshare.net/sablahhh/proposal-e-learning
  2. http://okydima.wordpress.com/2013/03/24/119/
  3. http://qory-qorycahyapuspita.blogspot.com/2012/04/proposal-pembuatan-e-learning.html
  4. http://www.slideshare.net/rendrakurniawan/proposal-e-learning

1 comment: