Disusun Oleh :
a.
Fadly Sihora Silalahi ( 52410491 )
b.
Fajar Adrian ( 52410545 )
c.
Febry Rizky Wardani ( 52410705 )
d.
Frizki Sofyanti P ( 52410891 )
e.
Happy Indra Wijaya ( 53410345 )
f.
I Made Reza Divasa Putra ( 53410345 )
g.
Ismi Hartanti ( 53410666 )
h.
Johannes Praskogery Pamungkas ( 59410138
)
i.
Jonathan Yuwono ( 53410991 )
j.
Katri Prihanto ( 53410854 )
k.
Yulienda Trisna Sari ( 58410759 )
Profil
Perusahaan
Nama Perusahaan :
Maju Mundur
Status Perusahaan :
Perseroan Terbatas, PT
Bidang Usaha :
Pembuatan dan Pengembangan Sistem Aplikasi
Alamat Kantor :
jl. Gandaria no.23, Jakarta Selatan
Referensi Proyek :
Proyek Pengembangan Sistem Aplikasi Inventory Management
Manajemen Perusahaan :
a. Manajemen
Perusahaan : Fadly Sihora Silalahi
b. Komisaris : Fajar Adrian
c. Presiden
Direktur : Febry Rizky
Wardani
d. General
manager : Happy Indera
Wijaya
e. Staff
IT : I Made
Reza Divasa
f. Staff
IT : Ismi
Hartanti
Latar
Belakang
Perkembangan Teknologi Informasi beberapa tahun
belakangan ini berkembang dengan cepat. Sehingga dengan perkembangan ini telah
mengubah paradigm masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi yang tidak
lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapi
juga sumber - sumber informasi lainnya
diantaranya adalah melalui internet
Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup
berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan. Dimana pada
dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari
pendidik kepada peserta didik yang bersi informasi – informasi pendidikan, yang
memiliki unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai saran penyajian
ide, gagasan dan materi pendidikan, serta pendidik itu sendiri.
Universitas
Gunadarma merupakan universitas yang menyelenggarakan kegiatan E-Learning di
dalam lingkunagan pembelajarannya. E-learning merupakan bentuk teknologi
informasi yang diterapkan di bidang pendidikan yang bersifat maya ( virtual)
salah satu kegiatan E-Learning yang ada di Universitas Gunadarma yaitu V-Class.
Hal ini merupakan Usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar
mengajar yang ada di lingkungan kampus ke dalam bentuk digital yang di
jembatani oleh internet.
Fakultas
Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika secara menyeluruh belum
sepenuhnya di terapkan sistem E-learning untuk semua mata kuliah dan hanya mata
kuliah tertentu saja. Sehingga potensi softskill mahasiswa belum sepenuhnya
dapat dikembangkan
Bila kita menganalisa secara menyeluruh dari permaslahan
tersebut, maka kami simpulkan suatu peluang dari pengembangan aplikasi E-learning
Teknik Informatika Universitas Gunadarma guna meningkatkan softskill Mahasiswa,
dimana aplikasi E-learning ini sebagai media untuk mengembangkan potensi yang
terdapat pada setipa mahasiswa jurusan teknik Informatika. Diantarnya adalah
menambah softskill mahasiswa, menghemat baiay secara keseluruhan (
infrastruktur, peralatan, buku ) menghemat waktu dan fleksibel dalam proses
belajar mengajar, menjangkau wilayah Geografis yang lebih luas, melatih
pembelajaran lebih mandir dalam mednapatkan ilmu pengetahuan di lingkungan
kampus.
Ruang
Lingkup Proyek Sistem
Proyek
Aplikasi e-learning ini yang akan dibangun memiliki beberapa ruang lingkup yang
harus dikerjakan yaitu sebagai berikut :
·
Proses analisis kebutuhan aplikasi
e-learningn berbasis web.
·
Perancagan aplikasi.
·
Pembuatan program aplikasi
·
Implementasi rancangan dan program
aplikasi
·
Pengujian aplikasi e-learning sampai
dengan penerapan sistem informasi ini secara memuaskan
Manfaat
pembuatan Aplikasi
Manfaat dari pembuatan
aplikasi ini adalah sebagai berikut :
1. Mempermudah
mahasiswa untuk melakukan praktek, latihan, dan membaca materi mata kuliah
secara online dari modul - modul yang
sudah disiapkan
2. Meningkatkan
pengembangan terhadapat potensi ( softskill ) yang terdapat did dalam diri
mahasiswa
3. Meningkatkan
efektifitas pembelajaran.
4. Menghemat
biaya dan waktu
5. Tidak
terbatas pada jarak, karena menggunakan aplikasi e-learning berbasis web
6. Mahasiswa
bisa melihat hasil kerja yang telah dikerjakan
7. Dosen
bisa mengirim soal atau pesan ke mahasiswa tersebut.
Batasan
masalah
Aplikasi
e-learning yang direncanakan mempunyai batasan – batasan yang mencakup dana,
dan waktu. Berikut ini gambaran lengkap mengenai batasan masalah pada aplikasi
e-learning ini :
1. Dana
Besarnya dana yang
disediakan untuk pembuatan aplikasi e-learning ini Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar
rupiah).
2. Waktu
Semua proyek aplikasi
e-learning yang direncanakan harus selesai dan dioperasikan selambat- lambatnya
1 tahun dari sejak waktu pengusulan aplikasi ini
Kegiatan
Pembuatan Aplikasi E-Learning Yang Akan Dilakukan
1. Pendefinisian
Lingkup Proyek
2. Analisa
Pemasalahan
3. Analisa
kebutuhan
4. Desain
5. Pengintegrasian
sistem
6. Penerapan
sistem ke dalam perangkat lunak dan perangkat keras
7. Testing
sistem
8. Maintenance
dari sistem
Metodologi
Pembuatan Aplikasi
Aplikasi
ini akan menggunakan metode pembuatan sistem yang berupa analisis dan desain
terstrukutr, diantaranya :
1. Flowchart
atau Uml yang digunakan
2. Bagan
Terstruktur Database
3. Logika Pemograman
Dalam logika pemograman ini si
admin akan membuat suatu hak akses suatu user yang dimana user itu terdiri dari
user buat dosen dan juga user buat mahasiswa, jadi setiap user itu mempunyai
hak masing masing dalam mengakses halaman tersebut.
Modul
pembuatan
1. Modul
Materi
Dalam modul materi ini, dosen akan
melakukan upload materi yang sesuai dengan mata kuiah tersebut
2. Modul
Kuis
Modul Kuis ini digunakan untuk
mengetahui seberapa pemahaman mahasiswa dengan materi yang diberikan oleh dosen
3. Modul
Diskusi
Dalam modul diskusi ini, mahasiswa
bisa berinteraksi dengan mahasiswa dengan user yang berbeda.
Ilustrasi
Arsitektur Aplikasi
Setiap mahasiswa akan melakukan
pembelajaran e-learning dirumah atau di publik area (warnet atau area hotspot)
melalui ISP, karena kita membuat e-learning ini pada Universitas Gunadarma,
maka kita tidak perlu lagi menggunakan ISP, melainkan menggunakan IP Public
yang dimiliki oleh server Gunadarma. Dalam hal ini, IP Public tersebut terdapat
pada penyedia layanan internet. Setiap mahasiswa tidak langsung terhubung
dengan server utama, namun terlebih dulu terhubung dengan server kedua, dimana
server kedua tempat untuk pengecekan data apa yang diminta oleh mahasiswa.
Setelah selesai melakukan pengecekan data, maka diteruskan ke server utama,
dimana server utama sebagai tempat untuk melakukan pemrosesan data. Hal ini
akan lebih meningkatkan keamanan sistem dan data sebab user lain yang tidak
bersangkutan atau tidak diinginkan tidak akan bisa mengganggu integritas data
pada server utama.
Teknologi Yang Digunakan
- Server Operating System :
Windows Server 2008
- Client Operating System : Windows 7 Enterprise
- Deployment Server :
IIS 7 web server
- Programming Language : PHP, Ajax, Javascript
- Database Engine :
Mysql
Kebutuhan
hardware
No
|
Hardware
|
Satuan
|
Harga
Satuan (Rupiah)
|
Jumlah
Harga (Rupiah)
|
1
|
Server HP Proliant ML330 G6
600911-371
|
2
|
19.762.500
|
39.525.000
|
2
|
Monitor DELL 18 inch IN1930 LED
|
2
|
1.020.000
|
2.040.000
|
3.
|
Keyboard LOGITECH K400 Wireless
|
2
|
350.000
|
700.000
|
4
|
Mouse LOGITECH M235
|
2
|
147.000
|
294.000
|
5
|
External Hardrive SEAGATE 3TB FREE
AGENT
|
2
|
1.868.000
|
3.736.000
|
TOTAL
BIAYA HARDWARE
|
46.295.000
|
Kebutahan
Software
No
|
Software
|
Satuan
|
Harga
Satuan (Rupiah)
|
Jumlah
Harga (Rupiah)
|
1
|
Windows Server Enterprise 2008
|
2
|
34.719.000
|
69.438.000
|
2
|
Windows 7 Professional
|
2
|
1.178.000
|
2.356.000
|
3
|
IIS 7 Web Server
|
2
|
10.154.000
|
20.308.000
|
4
|
Kapersky Anti Virus For Windows
Server Enterprise
|
2
|
2.928.000
|
5.856.000
|
TOTAL
BIAYA SOFTWARE
|
141.874.000
|
Tenaga
Pelakasana
Untuk
membuat Aplikasi E-learning Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi ini,
maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing,
sebagai berikut:
ü Project Manager & System Analyst : Jonathan
Yuwono
ü Database Engineer :
Yulienda Trisna sari
ü Desain Engineer :
Katri Prihanto
ü Software Engineer : Johannes
Praskogery
ü Network Engineer :
Johannes Praskogery
ü Technical Writer :
Frizki Sofyan P
Rancangan Biaya Pelaksanaan
Jadwal
Pelaksanaan
Penilaian
kelayakan Aplikasi E-Learning
Untuk
alternative yang diajukan akan dinilai kelayakannya berdasarkan kelayakan yang
meliputi kelayakan teknik, operasi, jadwal, dan ekonomi :
- Kelayakan Teknik
Item
Penilaian
|
Solusi
|
Ketersediaan
teknologi dipasaran
|
Mudah
|
Kemudahan
pengoperasian
|
Mudah
|
Solusi yang diajukan secara teknik
adalah secara teknik adalah layak.
- Kelayakan Operasi
Item
Penilaian
|
Solusi
|
Kemampuan
personil
|
Baik
|
Kemampuan
sistem untuk melakukan prosedur
|
Baik
|
Kemampuan
penyediaan informasi
|
Baik
|
Efisiensi
dari sistem
|
Baik
|
Keamanan
data
|
Baik
|
Secara operasi kemampuan sistem ini
adalah baik. Efisiensi dari sistem ini baik karena pemrosesan data tidak
dibebankan kepada sebuah server saja melainkan pengecekan data dilakukan oleh
server yang lain. Dari sisi keamanan data adalah baik karena user tidak akan
langsung berhubungan dengan server utama sehingga integritas dan kerahasiaan
data menjadi terjamin.
- Kelayakan Jadwal
Item
Penilaian
|
Kendala
|
Solusi
|
Waktu
pembuatan aplikasi
|
1
tahun
|
7
bulan 15 hari
|
Probabilitas
selesai
|
-
|
100%
|
Secara
kelayakan jadwal, sistem ini telah memenuhi batasan waktu yang telah ditetapkan
yaitu waktu maksimal pembuatan aplikasi adalah 1 tahun.
- Kelayakan Ekonomi
Item
Penilaian
|
Kendala
|
Solusi
|
Dana
yang dibutuhkan
|
Rp.
1.000.000.000,-
|
Rp.
261.199.000,-
|
Secara
kelayakan ekonomi aplikasi ini telah memenuhi biaya yang ditetapkan yaitu tidak
lebih dari Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah).
Penutup
Dengan
mengucapkan segala puji kehadirat Than Yang Maha Esa, demikianlah proposal
Pembuatan E-Learning Universitas Gunadarma Jurusan Teknik Informatika ( PT.
Maju Mundur ). Pada akhirnya segala sesuatu yang telah direncanakan tidak dapat
berjalan dengan baik tanpa kerjasama dan kerja keras dari semua pihak. Semoga
pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancer sesuai dengan rencana.
Atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.
Lampiran
Spesifikasi Hardware
- Server
Type : HP Proliant ML330
G6 600911-371
Processor : Intel® Xeon® Processor
E5620 (2.4 GHz)
Cache Memory : 4MB ( 1 x 4MB) Level 3 cache
Memory
Memory : 4GB (2 x 2 GB) PC3-10600R
(DDR3-1333) Registered DIMMs
Network Controller : Embedded NC326i PCI Express Dual Port
Gigabit Server Adapter
Storage Controller : HP Smart Array B110i SATA RAID
Controller (RAID 0/1/0+1)
Hard Drive : 8 Slot HDD
Optical Drive : HP Half-Height SATA DVD-ROM
Optical Drive Power
Supply : 460 Watt power supply
(NHP, Non Redundant)
Fans : 3 fans ship
standard
Form Factor : Tower (5U)
Warranty : Server Warranty includes
3-Years Next Business Day Parts
replacement, 0- Years Labor, 0-Years Onsite support.
Price : Rp 19.762.500
- Monitor
Type : DELL IN1930 LED
Screen Size : 18
Price : Rp. 1.020.00,-
- Keyboard
Type : LOGITECH K400 Wireless
Price : RP. 350.00,-
- Mouse
Type : LOGITECH M235
Price : Rp. 147.000,-
- External
Hardrive
Type : SEAGATE 3TB FREE AGENT
Class : Hardrive External
Interface : USB 2.0
Price : Rp. 1868.000,-
Referensi :
Terima kasih, artikel yang menarik~
ReplyDeleteKunjungi :
Website Kami
Website Kami